Monday 1 October 2012

Bab: Tayamum karana Junub

( 166 ) Diriwayatkan dari Syaqiq: Saya pernah duduk bersama 'Abdullah (bin 'Umar) dan Abu Musa r.a., lalu Abu Musa berkata, "Wahai Abu 'Abd Al-Rahman, bagaimanakah menurutmu seseorang yang junub, tetapi dia tidak mendapatkan air selama satu bulan, bagaimanakah caranya dia mengerjakan shalat?" 'Abdullah menjawab, "Tidak boleh bertayamum, walaupun tidak mendapatkan air selama satu bulan." Abu Musa berkata, "Bagaimanakah dengan ayat dalam Surah Al-Ma'idah ini, Lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih).3" 'Abdullah menjawab, "Kalau mereka diberi kelonggaran hukum dengan ayat ini, tentu mereka akan selalu bertayamum dengan tanah jika merasa kedinginan." Lalu Abu Musa berkata kepada 'Abdullah, "Tidakkah engkau mendengar kata-kata 'Ammar, 'Rasulullah SAW. pernah mengutus saya dalam suatu keperluan, lalu saya junub, sedangkan saya tidak mendapatkan air. Lalu saya berguling-guling ke tanah sebagaimana berguling-gulingnya binatang. Kemudian saya pergi menghadap Nabi SAW., dan saya menceritakan hal itu kepada beliau.' Kemudian beliau bersabda, 'Sebenarnya, bagimu hanya cukup begini.' Beliau menepuk kedua tangannya sekali ke bumi, lalu menyapukan yang kiri atas yang kanan, talapak tangan beliau sebelah luar, dan muka beliau."' 'Abdullah menjawab, "Tidak tahukah engkau bahwa 'Umar tidak puas pada perkataan 'Ammar r.a.?" (1: 192 - 193 - S.M.)
_____________
(3) QS Al-Ma'idah (5): 6.