Tuesday 20 November 2012

Bab: Keutamaan Memperbanyak Langkah ke Masjid

( 242 ) Diriwayatkan dari Ubai bin Ka'ab r.a. "Ada seorang laki-laki Anshar yang rumahnya paling jauh di Madinah, tetapi dia tidak pernah ketinggalan mengerjakan shalat berjamaah bersama Rasulullah SAW. Kami merasa kasihan kepadanya, lalu saya mengatakan kepadanya, "Wahai fulan, sebaiknya engkau membeli keledai saja untuk kendaraan yang dapat melindungimu dari terik matahari di siang hari dan dari binatang berbisa di malam hari." Orang itu menjawab, "Demi Allah, saya tidak senang rumahku berdekatan dengan rumah Rasulullah SAW. (kerana saya berharap banyaknya pahala dengan langkah saya ke masjid dari rumah ini)." Hal itu membuat saya kurang senang sehingga saya menghadap Rasulullah SAW., lalu saya memberitahukan peristiwa ini kepada beliau. Kemudian beliau memanggil orang itu, dan ternyata dia menjawab demikian juga kepada beliau, lalu dia berkata bahawa dia mengharapkan pahala sebanyak bekas langkahnya. (Mendengar jawaban orang tersebut) beliau bersabda kepadanya, "Sesungguhnya kamu mendapat pahala sebanyak itu." (2: 130 - S.M.)