Monday 13 August 2012

Bab: 2 - Perumpamaan Orang Mukmin Adalah seperti Batang Pohon yang Lentur, sedangan Perumpamaan Orang Munafik dan Kafir Adalah seperti Batang Pohon yang Tampak Kukuh

( 29 ) Diriwayatkan dari 'Abdullah bin 'Umar r.a.: Kami pernah berkumpul di rumah Rasulullah SAW., lalu beliau bersabda, "Katakanlah kepadaku sebuah pohon yang serupa dengan seorang Muslim, yang dedaunannya tidak gugur, bahkan selalu memberikan hasil setiap waktu." Ibn 'Umar r.a. berkata, "Lalu tersiratlah dalam hati saya bahwa pohon yang dimaksud itu adalah pohon kurma, tetapi saya melihat Abu Bakar r.a. dan 'Umar r.a. tidak menjawabnya. oleh kerana itu, saya merasa sungkan untuk menjawabnya, dan saya pun tidak berbicara sedikit pun." Kemudian 'Umar r.a. berkata, "Seandainya tadi kamu menjawabnya, hal itu lebih aku senangi daripada itu dan ini." (*: 138 - S.M.)