Monday 17 September 2012

Bab: Mengusap Ubun-Ubun dan Serban

( 140 ) Diriwayatkan dari Mughirah bin Syu'bah r.a.: Dalam suatu perjalanan, Rasulullah SAW. pernah tertinggal dan saya juga tertinggal bersamanya. Saat itu beliau pergi membuang hajat. Setelah beliau selesai buang hajat, beliau bertanya, "Apakah kamu membawa air?" Lalu saya mengambil bejana berisi air untuk beliau. Kemudian beliau membasuh kedua telapak tangan dan muka beliau. Setelah itu, beliau hendak menyelakan kedua lengan hasta beliau, tetapi pergelangan jubah beliau sempit karena kekecilan. Oleh karena itu, beliau mengeluarkan tangannya dan melepaskan jubah beliau itu dan meletakkannya di atas bahu beliau. Setelah itu, beliau membasuh kedua lengan (hasta) dan menyapu ubun-ubun bagian atas serban dan khuff  beliau. Kemudian beliau menunggangi untanya lagi dan saya pun menunggangi unta saya sehingga kami sampai di suatu kaum yang sedang mengerjakan shalat berjamaah. Saat itu shalat diimami oleh 'Abd Al-Rahman bin 'Auf, mereka telah mengerjakan shalat satu rakaat. Setelah 'Abd Al-Rahman bin 'Auf merasa bahwa di belakangnya ada Nabi SAW., dia mundur ke belakang, tetapi beliau memberi isyarat kepadanya agar tetap meneruskan shalatnya dan menjadi imam mereka. Setelah 'Abd Al-Rahman bin 'Auf mengucapkan salam, beliau berdiri dan saya pun berdiri, kemudian kami menambah lagi rakaat yang tertinggal."(1: 159 - S.M.)