Wednesday 26 September 2012

Bab: Ukuran Mandi Junub

( 156 ) Diriwayatkan dari Abu Salamah bin 'Abd Al-Rahman1: Saya pernah pergi ke rumah 'A'isyah r.a. bersama saudara sesusuannya. Lalu saudaranya itu bertanya kepadanya tentang mandi Rasulullah SAW. karena junub. Untuk itu, 'A'isyah meminta air seukuran satu gantang, lalu dia mandi di balik tabir antara kami dan dia. Lalu dia menuangkan air di atas kepalanya sebanyak tiga kali. Abu Salamah berkata, "Istri-istri Nabi SAW. memperpendek rambut mereka (sesudah wafat Nabi SAW.) sehingga rambut mereka tidak melampaui telinga2." (1: 176 - S.M.)
__________
(1) Abu Salamah ini anak saudara sesusu 'A'isyah karena dia anak susu Ummi Kaltsum, putri Abu Bakar Shiddiq r.a., sedangkan saudara sesusu 'A'isyah ini bernama 'Abdullah bin yazid.  Syarh Shahih Muslim,  Al-Nawawi IV, 4.
(2) Istri-istri Rasulullah SAW. memperpendek rambut mereka sampai tidak melampaui telinga. Kemungkinan besar, hal itu dilakukan sesudah wafat beliau karena tidak perlu berhias lagi untuk menghormati suami mereka (Nabi SAW.) dengan rambut panjang.