Sunday 27 January 2013

Bab: Shalat Sunnah pada Siang dan Malam Hari

( 373 ) Diriwayatkan dari 'Abdullah bin Syaqiq r.a.: Saya pernah bertanya kepada 'A'isyah r.a. tentang shalat sunnah Rasulullah SAW., lalu dia berkata, "Beliau mengerjakan shalat sunnah empat rakaat sebelum shalat zuhur di rumah saya, lalu beliau keluar mengerjakan shalat berjamaah mengimami orang-orang. Setalah itu, beliau masuk lagi ke rumah saya dan mengerjakan shalat sunnah dua rakaat. Begitu juga setelah mengerjakan shalat maghrib mengimami orang-orang, beliau masuk ke rumah saya, lalu mengerjakan shalat sunnah dua rakaat. Demikian pula setelah mengerjakan shalat isyak mengimami orang-orang, beliau masuk ke rumah saya, lalu beliau mengerjakan shalat sunnah dua rakaat. Beliau mengerjakan shalat pada malam hari sebanyak sembilan rakaat, di dalamnya beliau shalat witir. Pada malam hari, beliau mengerjakan shalat dengan berdiri lama, pada malam yang lain beliau duduk lama. Kalau membaca (surah Al-Fatihah) sambil berdiri, beliau shalatnya berdiri, dan kalau membacanya sambil duduk, beliau shalatnya duduk. Apabila fajar telah menyingsing, beliau mengerjakan shalat sunnah dua rakaat (sebelum subuh)." (2: 162 - S.M.)