Monday 11 February 2013

Bab: Perihal Shalat Witir dan Dua Rakaat Shalat Fajar

( 392 ) Diriwayatkan dari Anas bin Sirin r.a.: Saya pernah bertanya kepada Ibn 'Umar, "Tahukah engkau tentang dua rakaat sebelum shalat subuh, apakah saya harus memperpanjang bacaannya?" Dia menjawab, "Biasanya, Rasulullah SAW. mengerjakan shalat malam dua rakaat dua rakaat dan shalat witir satu rakaat." Saya mengatakan, "Sesungguhnya, bukan hal ini yang ingin saya tanyakan." Ibn 'Umar berkata, "Engkau ini benar-benar orang yang pandir. Mengapa engkau tidak membiarkan saya menyempurnakan hadis itu. Biasanya, Rasulullah SAW. mengerjakan shalat malam dua rakaat dua rakaat dan shalat witir satu rakaat, dan mengerjakan shalat sunnah dua rakaat sebelum shalat subuh lebih singkat dari shalat yang lain, seperti yang terburu-buru kerana iqamah telah didengarnya." (2: 174 - S.M.)