Monday 11 March 2013

Bab: Permainan Pada Hari Raya

( 432 ) Diriwayatkan dari 'A'isyah r.a.: Rasulullah SAW. pernah memasuki rumah saya, sedangkan di dekat saya ada dua orang budak perempuan yang sedang menyanyikan lagu Bu'ats. Lalu beliau berbaring di atas tikar sambil memalingkan wajah. Tiba-tiba, Abu Bakar r.a. masuk dan membentak saya sambil berkata, "Ada seruling setan di rumah Rasulullah?" Rasulullah SAW. menoleh kepadanya seraya bersabda, "Biarkanlah mereka berdua itu." Setelah beliau lengah, saya mengerdipkan mata (memberi isyarat) kepada kedua budak perempuan itu, lalu mereka keluar. Pernah pada suatu hari raya, ketika orang-orang hitam sedang bermain dengan perisai dari kulit (perang-perangan), saya meminta izin kepada Rasulullah SAW. untuk menontonnya, atau beliau bertanya, "Apakah engkau tertarik untuk menontonnya.?" Saya menjawab, "Ya." Lalu beliau menempatkan saya untuk berdiri di belakang beliau. Pipi saya menempel pada pipi beliau, beliau bersabda, "Teruskanlah permainan kalian, wahai Bani Arfidah!" Setelah saya merasa bosan, beliau bertanya, "Apakah engkau sudah merasa bosan?" Saya menjawab, "Ya." Beliau bersabda, "Pergilah!" (3: 22 - S.M.)