Wednesday 12 June 2013

Bab: Setiap Negeri Punya Tanggal Tersendiri

( 578 ) Diriwayatkan dari Kuraib: Ummul Fadhl binti Harits pernah menyuruh saya pergi menemui Mu'awiyah di Syam. Lalu saya pun pergi ke Syam untuk memenuhi keperluannya. Saya tiba di Syam bertepatan dengan tanggal satu Ramadhan, yaitu saya melihat hilal pada malam Jumaat. Akhirnya, saya pulang ke Madinah pada akhir bulan itu. Lalu 'Abdullah bin 'Abbas bertanya kepada saya tentang hilal, dia berkata, "Kapan kamu melihat hilal?" Saya menjawab, "Kami melihatnya pada malam Jumaat." Ibn 'Abbas bertanya, "Apakah kamu melihatnya?" Saya menjawab, "Ya, dan orang-orang pun melihatnya, mereka dan Mu'awiyah berpuasa." Ibn 'Abbas berkata, "Akan tetapi, kami melihatnya pada malam sabtu, maka kami tetap berpuasa sampai sempurna tiga puluh hari, atau sampai kami melihat hilal." Saya menanyakan, "Apakah tidak cukup bagimu berpedoman pada rukyat dan puasa Mu'awiyah?" Ibn 'Abbas menjawab, "Tidak, begitulah Rasulullah SAW. memerintahkan kepada kami!" Yahya bin Yahya, perawi hadis ini, ragu apakah Kuraib berkata "naktafi" (tidak cukup bagi kita) atau "taktafi" (tidak cukup bagimu). (3: 126 - 127 - S.M.)