Wednesday 31 July 2013

Bab: Keutamaan Berjihad di Laut

( 1074 ) Diriwayatkan dari Anas bin Malik r.a.: Rasulullah SAW. biasa berkunjung ke rumah Ummu Haram binti Milhan2, isteri Ubadah bin Shamit, dan menyantap makanan yang disuguhkan olehnya. Pada suatu hari, beliau pergi ke sana, lalu, seperti biasanya, beliau disuguhi makanan. Setelah itu Ummu Haram duduk seraya mencari kutu kepada Rasulullah SAW. sehingga beliau tertidur. Kemudian beliau terbangun sambil tertawa. Kata Ummu Haram, "Aku bertanya kepada Rasulullah SAW., 'Apakah yang menyebabkan engkau tertawa wahai Rasulullah?' Jawab beliau, 'Telah diperlihatkan kepadaku beberapa orang dari umatku yang berperang dijalan Allah, mereka mengarungi lautan ini bagaikan raja yang duduk di atas takhtanya."' Kata Ummu Haram, "Aku berkata, 'Wahai Rasulullah, doakanlah kepada Allah supaya aku termasuk rombongan mereka."' Lalu beliau mendoakan untuk dia. Setelah itu, beliau merebahkan kepalanya, lalu tertidur lagi, kemudian beliau kembali terbangun sambil tertawa. Kata Ummu Haram, "Aku bertanya, 'Apakah yang menyebabkan engkau tertawa wahai Rasulullah?' Jawab beliau, 'Telah diperlihatkan kepadaku beberapa orang dari umatku yang berperang dijalan Allah, mereka mengarungi lautan ini bagaikan raja yang duduk di atas tahtanya (seperti sabda beliau yang pertama."' Kata Ummu Haram, "Aku berkata, 'Wahai Rasulullah, doakanlah kepada Allah supaya aku termasuk rombongan mereka.' Beliau bersabda, 'Kamu termasuk rombongan yang pertama."' Kemudian pada masa pemerintahan Mu'awiyah, Ummu Haram binti Milhan bergabung dalam pasukan tentera Islam yang mengarungi lautan untuk berperang. Ketika mendarat, dia terpelanting dari kenderaannya sehingga meninggal. (6: 49 - 50 - S.M.)

_________
2 - Dia adalah mahram Nabi SAW., bibi beliau