Saturday 3 August 2013

Bab: Firman Allah Ta'ala, Apakah (Orang-Orang) yang memberi Minuman kepada Orang-Orang yang Mengerjakan Haji...

( 1077 ) Diriwayatkan dari Nu'man bin Basyir r.a.: Saya pernah berada di dekat mimbar Rasulullah SAW., lalu ada seorang laki-laki berkata, "Aku tidak akan memedulikan suatu amal perbuatan lain setelah aku masuk Islam, kecuali memberi minuman kepada orang-orang yang mengerjakan haji." Orang yang lain berkata, "Aku tidak akan memedulikan suatu amal perbuatan lain setelah aku masuk Islam, kecuali mengurus Masjidil Haram." Berkata pula yang lain, "Berjihad di jalan Allah lebih utama dari semua yang telah kamu katakan." Lalu 'Umar r.a. membentak mereka, katanya, "Janganlah kalian mengangkat suara di dekat mimbar Rasulullah SAW., hari ini adalah hari Jumaat! Nanti, apabila aku telah shalat Jumaat, aku akan pergi memohon fatwa kepada beliau tentang apa yang kalian perselisihkan itu." Lalu turunlah ayat, Apakah (orang-orang) yang memberi minuman kepada orang-orang yang mengerjakan haji dan mengurus Masjidil Haram kamu samakan dengan orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari Kemudian serta berjihad di jalan Allah? Mereka tidak sama di sisi Allah; dan Allah tidak memberikan petunjuk kepada kaum yang zalim. 3 (6: 36 - S.M.)

__________
3 - QS Al-Taubah (9): 19