Monday 16 September 2013

Bab: Tentang Orang yang Tahu Akan Munculnya Bencana

( 1996 ) Diriwayatkan dari Muhammad (Ibn Sirin): Jundub pernah berkata, "Aku pernah mendatangi hari terjadinya demonstrasi di Jara'ah.1 Lalu aku mendapatkan seorang laki-laki yang sedang duduk-duduk. Aku berkata, 'Sungguh, di sini sekarang akan terjadi pertumpahan darah besar-besaran.' Orang itu berkata, 'Demi Allah, sekali-kali itu tidak akan terjadi!' Kataku, 'Demi Allah, pertumpahan darah itu benar-benar akan terjadi.' Kata orang itu, 'Demi Allah, itu tidak akan terjadi.' Kataku, 'Demi Allah, itu akan terjadi.' Orang itu berkata, 'Demi Allah, itu sekali-kali tidak akan terjadi. Itu suatu hadis yang telah diceritakan kepadaku oleh Rasulullah SAW.' Kataku, 'Sejahat-jahat teman dudukku adalah kamu sajak hari ini. Kamu mendengarku menyalahkan kamu tentang apa yang telah kamu dengar dari Rasulullah SAW., tetapi kamu tidak mencegahku?' Kemudian aku bertanya, 'Kemarahan apakah gerangan ini?' Kemudian aku pergi menuju orang itu, lalu aku bertanya kepadanya, ternyata dia adalah Hudzaifah." (8: 174 - S.M.)

__________
1 - Jara'ah, nama suatu tempatdi dekat Kufah, jalan menuju Hirah. Peristiwa ini terjadi ketika penduduk Kufah berdemonstrasi menolak pengangkatan gabenurnya yang diangkat oleh 'Usman. Mereka menuntut agar dia diturunkan dan diganti oleh Abu Musa Al-Asy'ari, lalu 'Utsman pun memenuhi tuntutan tersebut.