Thursday 7 November 2013

Bab: 2 - Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

( 1465 ) Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a.: Rasulullah SAW. bersabda, "Sesungguhnya, pada Hari Kiamat nanti, Allah 'Aza wa Jalla akan berseru, 'Wahai anak Adam, Aku sakit, mengapa kamu tidak menjenguk-Ku?' Kata orang itu, 'Wahai Tuhanku, bagaimana aku akan menjenguk-Mu, sedangkan Engkau Tuhan seru sekalian alam?' Allah berfirman, 'Tahukah kamu, sesungguhnya, hamba-Ku si Fulan sakit, lalu kamu tidak menjenguknya? Tahukah kamu bahawa jika kamu menjenguknya, pasti kamu mendapatkan Aku di sampingnya? Wahai anak Adam, Aku meminta kepada mu makan, mengapa kamu tidak memberi-Ku makan?' Kata orang itu, 'Wahai Tuhanku, bagaimana aku akan memberi-Mu makan, sedangkan Engkau Tuhan seru sekalian alam?' Allah berfirman, 'Tahukah kamu, sesungguhnya, hamba-Ku si Fulan meminta makan kepadamu, tetapi kamu tidak memberinya makan? Tahukah kamu, jika kamu memberinya makan, pasti kamu mendapatkannya di sisi-Ku. Wahai anak Adam, Aku meminta minum kepadamu, mengapa kamu tidak memberi-Ku minum?' Kata orang itu, 'Wahai Tuhanku, bagaimana aku bisa memberi-Mu minum, sedangkan Engkau Tuhan seru sekalian alam?' Allah berfirman, 'Hamba-Ku si Fulan meminta minum kepadamu, mengapa kamu tidak memberinya minum? Tahukah kamu, jika kamu memberinya minum, pasti kamu mendapatkannya di sisi-Ku"' (8: 13 - S.M.)