Tuesday 25 February 2014

Bab: Pemimpin yang Suka Mempersulit Rakyat

( 1208 ) Diriwayatkan dari Abdurrahman bin Syumasah: Aku pernah mendatangi Aisyah untuk menanyakan sesuatu kepadanya. Kemudian dia berkata, "Dari bangsa apa kamu berasal?" Aku menjawab, "Aku seorang penduduk Mesir." Aisyah bertanya, "Bagaimana sikap sahabatmu dalam peperangan ini tehadapmu?" Aku menjawab, "Kami tidak mendendamnya sedikit pun. Jika seorang di antara kami ada yang mati untanya, dia diberi unta. Jika yang mati budaknya, dia diberi budak, dan jika dia memerlukan nafkah saja, diberilah dia nafkah." Lalu Aisyah berkata, "Sungguh, apa yang dilakukan terhadap saudaraku, Muhammad bin Abi Bakar, tidaklah menjadi penghalang bagiku untuk menyampaikan hadis yang aku dengan dari Rasulullah SAW. di rumahku ini kepadamu, yaitu 'Wahai Allah, barang siapa mengurusi suatu urusan umatku, lalu dia mempersulit mereka, persulitlah dia. Dan barang siapa mengurusi suatu urusan umatku, lalu dia berlaku lembut terhadap mereka, berlaku lembutlah  Engkau kepadanya." (6: 7 - S.M.)