Monday 29 June 2015

Bab: 1 - Berobat dengan Cara Berbekam dan Kayy (Membakar Kulit dengan Besi Panas)

( 1480 ) Diriwayatkan dari Ashim bin Umar bin Qatadah: Jabir bin Abdillah pernah mengunjungi kami di rumah keluarga kami. Ketika itu, ada seorang yang sakit bisul. Lalu Jabir bertanya, "Sakit apakah kamu?" Jawabnya, "Saya sakit bisul." Kata Jabir, "Hai anakku, panggillah ahli bekam!" Kata orang itu, "Buat apa memanggil tukang bekam itu wahai aba Abdillah?" Jawab Jabir, "Aku akan mengobatinya dengan bekam." Kata orang itu, "Demi Allah, lalat mengerumuniku, atau aku akan merasakan sakit kerana gesekan pakaian ku yang mengenai bisulku." Setelah diketahui orang itu sudah tidak sabar lagi, Jabir berkata, "Aku mendengar Rasulullah SAW. bersabda, 'Kalau di antara kalian ada kebaikan dalam berobat, hal itu terdpat dalam berbekam, atau minum madu, atau kayy (membakar kulit dengan besi panas)."' Selanjutnya, Rasulullah SAW. bersabda, "(Akan tetapi), aku tidak suka kayy." Kemudian didatangkanlah seorang tukang bekam, lalu dibekamlah orang itu. Setelah itu, hilanglah rasa sakitnya. (7: 21 - 22 - S.M.)