Sunday 19 August 2012

Bab: 2 - Tahap Awal Turunnya Wahyu kepada Rasulullah SAW.

( 74 ) Diriwayatkan dari Yahya: Saya bertanya kepada Abu Salamah r.a., "Ayat apakah yang pertama kali diturunkan?" Abu Salamah menjawab, "Ya ayyuhal muddatstsir - Wahai orang-orang yang berselimut." Lalu saya mengatakan, "Bukankah Iqra'?" Abu Salamah menjawab, "Saya sudah menanyakan hal itu kepada Jabir bin 'Abdillah, 'Ayat yang manakah yang pertama kali diturunkan?''' Dia menjawab, "Ya ayyuhal muddastsir." Lalu saya menanyakan kepadanya, "Bukankah Iqra'?" Jabir berkata, "Saya akan menceritakan kepadamu apa yang diceritakan Rasulullah SAW. kepada kami," beliau bersabda, "Aku berkhalwat selama sebulan di gua Hira', ketika pulang, aku melewati tengah lembah, lalu di sana aku dipanggil. Kemudian aku melihat ke muka, belakang, kanan, dan kiriku, tetapi tak seorang pun yang aku lihat, lalu aku dipanggil lagi, aku pun menengadahkan kepalaku, ternyata aku melihatnya di arasy, yaitu Jibril a.s., aku menjadi sangat gemetar, lalu aku mendatangi Khadijah seraya berkata, 'Selimutilah aku,' Kemudian diselimutilah aku serta dituangi air. Setelah itu Allah menurunkan ayat,  Hai orang yang berkemul (berselimut), bangunlah, lalu berilah peringatan! Dan Tuhanmu agungkanlah, dan pakaianmu bersihkanlah, dan perbuatan dosa (menyembah berhala) tinggalkanlah"26 (1: 99 - S.M.)
___________
(26) Surah Al-Muddatstsir (74): 1-5. Ayat ini diturunkan sesudah Fatratir Wahyu, yaitu sesudah surah "Iqra'''. Syarh Shahih Muslim, Al-Nawawi II, 207.