Saturday 11 August 2012

Bab: Amal yang Paling Utama Adalah Beriman kepada Allah SWT.

( 16 ) Diriwayatkan dari Abu Dzarr r.a.: Saya bertanya (kepada Rasulullah SAW.), "Wahai Rasulullah, perbuatan apa saja yang paling utama?" Beliau menjawab, "Beriman kepada Allah dan berjuang di jalan-Nya." Lalu saya bertanya lagi, "Memerdekakan budak apakah yang paling utama?" beliau menjawab, "Ialah budak yang paling baik dan paling berharga bagi pemiliknya." Saya menanyakan lagi, "Bagaimana kalau saya tidak bisa berbuat demikian?" Beliau menjawab, "Kamu membantu orang yang tidak mempunyai pekerjaan." Saya bertanya lagi, "Wahai Rasulullah, bagaimanakah kalau saya tidak bisa sama sekali?" Beliau menjawab, "Janganlah kamu berbuat jelek kepada orang lain, itulah sedekah darimu atas dirimu sendiri." (1: 62 - S.M.)