Tuesday 21 August 2012

Bab: Nabi SAW. Mengimami Nabi-Nabi yang Lain

( 80 ) Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a.: Rasulullah SAW. bersabda, "Ketika aku di Hijr, orang-orang Quaraisy bertanya kepadaku tentang perjalanan malamku (isra'), yaitu tentang banyak hal yang ada, antara lain tentang Baitul Maqdis yang belum sempat aku hafal sepenuhnya sehingga aku menjadi susah karenanya, belum pernah aku sesusah itu. Lalu Allah mendatangkannya kepadaku sehingga aku dapat melihatnya dan dapat kujawab pertanyaan mereka yang diajukan kepadaku. Di sana aku melihat jamaah nabi, di antara mereka adalah Musa a.s. yang sedang mengerjakan shalat; dia adalah seorang laki-laki ramping yang berambut keriting, dia seperti orang Syanu'ah. Dan aku melihat 'Isa bin Maryam sedang berdiri mengerjakan Shalat, dan orang yang paling menyerupainya adalah 'Urwah bin Mas'ud Al-Tsaqafi. Dan aku melihat Ibrahim a.s. sedang berdiri mengerjakan shalat, sedangkan orang yang paling menyerupainya adalah sahabat kamu ini (yang beliau maksudkan adalah diri beliau sendiri). Kemudian setelah sampai waktunya shalat berjamaah, aku yang menjadi imam mereka. Setelah aku mengerjakan shalat, ada seseorang menyapa, "Wahai Muhammad, inilah Malik penjaga neraka, berilah salam kepadanya!" Lalu aku menoleh kepadanya, tetapi dia memberi salam lebih dahulu kepadaku. (1: 108 - 109- S.M.)