Sunday 16 September 2012

Bab: 2 - Mengusap Khuff

( 137 ) Diriwayatkan dari Abu Wa'il: Abu Musa sangat ketat dalam hal kencing. Dia biasanya buang air kecil di dalam sebuah botol dan berkata, "Sesungguhnya, Bani Israil, kalau kulit mereka terkena kencing, dipotong dengan gunting." Abu Hudzaifah berkata, "Sungguh, saya yakin bahwa sahabat engkau (Nabi SAW.) tidak seketat itu karena saya benar-benar ingat ketika berjalan bersama Rasulullah SAW. Ketika itu beliau mendatangi tempat pembuangan kotoran di belakang kebun suatu kaum, beliau berdiri seperti sebagian kaum, kemudian beliau kencing. Oleh karena itu saya menjauh ke belakang, namun beliau memanggil saya, lalu saya pun pergi mendatangi beliau dan berdiri berdiri di belakang beliau sampai selesai." Dalam riwayat lain, dia menambahkan, "lalu beliau berwudhu dan mengusap bagian atas khuff beliau." (1: 157 - S.M.)