Sunday 16 September 2012

Bab: 3 - Mengusap Khuff

( 138 ) Diriwayatkan dari Mughirah bin Syu'bah r.a.: Pada suatu malam, saya pernah bersama Nabi SAW. dalam suatu perjalanan. Beliau berkata kepada saya, "Apakah engkau membawa air?" Saya menajawab, "Ya." Lalu beliau turun dari kenderaan beliau, kemudian berjalan bersembunyi ke tempat yang gelap. Setelah itu, beliau datang. Saya menuangkan air untuk beliau, lalu beliau membasuh muka, sedangkan beliau memakai jubah wol. Beliau tidak bisa mengeluarkan kedua lengannya dari jubahnya, lalu beliau mengeluarkan kedua lengannya dari bawah jubahnya. Kemudian beliau membasuh kedua lengannya dan mengusap kepalanya. Setelah itu, saya menunduk ingin membukakan kedua khuff beliau, tetapi beliau berkata, "Biarkanlah, karena aku masukkan kedua kaki ke dalamnya dalam keadaan suci." Lalu beliau mengusap bagian atasnya." (1: 158 - S.M.)