Sunday 30 September 2012

Bab: Peristiwa Tayamum

( 165 ) Diriwayatkan dari 'A'isyah r.a.: Kami pergi bersama Rasulullah SAW. dalam suatu perjalanan. Setelah kami sampai di Baida' atau Dzatul Jaisy, kalung saya putus dan hilang, lalu Rasulullah SAW. mencari kalung tersebut dan orang-orang pun ikut mencarinya, sedangkan mereka di tempat itu tidak mendapatkan air dan mereka pun tidak mempunyai bekal air. Kemudian orang-orang mendatangi Abu Bakar dan berkata, "Tidakkah engkau melihat apa yang diperbuat 'A'isyah? Dia menahan Rasulullah SAW. dan orang banyak di tempat yang tidak ada air dan mereka pun tidak mempunyai bekal air." Kemudian Abu Bakar r.a. segera mendatangi saya, sedangkan Rasulullah SAW. sedang tidur di atas paha saya. Lalu Abu Bakar berkata, "Kamu telah menahan Rasulullah SAW. dan orang banyak di tempat yang tidak ada air dan mereka pun tidak mempunyai bekal air." 'A'isyah berkata, "Lalu Abu Bakar mencela saya dan terus-menerus mencaci maki saya sambil menusuk pinggang saya dengan tangannya, namun saya tidak bisa bergerak karana Rasulullah SAW. sedang tidur di atas paha saya. Rasulullah SAW. pun tidur sampai pagi dalam keadaan tidak ada air. Kemudian Allah menurunkan ayat perintah tayamum. Mereka pun bertayamum." Kemudian Usaid bin Hudhair berkata, "Ayat tayamum ini bukanlah keberkahan kalian yang pertama kali wahai keluarga Abu Bakar". 'A'isyah r.a. berkata, "Lalu kami membangunkan unta yang sebelumnya saya tunggangi, ternyata kalung itu kami dapatkan dibawahnya." (1: 192 - S.M.)