Wednesday 28 August 2013

Bab: Firman Allah Ta'ala, ...Ada Orang-orang yang Menepati Apa yang Telah Mereka Janjikan kepada Allah, ...

( 1087 ) Diriwayatkan dari Tsabit: Anas r.a. berkata, "Paman saya yang namanya sama dengan saya (Anas bin Nadhr r.a.) tidak mengikuti Perang Badar bersama Rasulullah SAW. Hal itu sangat menyusahkannya. Dia (paman saya) berkata, "Saya tidak mengikuti peperangan yang diikuti Rasulullah SAW. pertama kali, maka jika Allah 'Azza wa Jalla sesudah itu memperlihatkan kepada saya sesuatu peperangan bersama Rasulullah SAW., niscaya Allah akan melihat apa yang akan saya lakukan dalam peperangan itu nanti!" Kata Anas (bin Malik), "Lalu paman saya tidak mau berkata lainnya, sampai dia ikut berperang bersama Rasulullah SAW. dalam Perang Uhud. Ketika Sa'd bin Mu'adz menghadapi musuh (sedangkan dia kalah), Anas (bin Nadhr) berkata kepadanya, 'Wahai Abu 'Amr, hendak (mundur) ke manakah engkau?' Lalu dia (Anas bin Nadhr) berkata, 'Aduhai, sungguh, aku benar-benar telah mendapatkan bau syurga di bawah Uhud.' Kemudian dia bertempur dengan musuh hingga gugur. Lalu didapati di tubuhnya lebih dari delapan puluh luka bekas pukulan pedang, sasaran panah, dan tombak. Kemudian saudara perempuannya, yaitu bibi saya, Rubayyi binti Nadhr, berkata 'Saya tidak dapat mengenali saudara saya, kecuali setelah saya memerhatikan jari-jemarinya.' Lalu turunlah ayat ini, ...ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah, maka di antara mereka ada yang gugur. Dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu dan mereka sedikit pun tidak mengubah (janjinya).4  Mereka memandang bahawa ayat tersebut diturunkan berkenaan dengannya (Anas bin Nadhr) dan sahabat-sahabatnya." (6: 45 - S.M.)


__________
4 - QS Al-Ahzab (33): 23