Tuesday 10 September 2013

Bab: Denda Haji Qiran

( 673 ) Diriwayatkan dari Nafi: Abdullah bin Umar r.a. pernah mengerjakan ibadah umrah pada masa kekacauan 17 dan dia berkata, "Kalau saya dihalangi beribadah ke Baitullah, saya akan berbuat sebagaimana saya melakukannya bersama Rasulullah SAW." Maka setelah berangkat, dia berihram untuk umrah. Di tengah perjalanan, setelah sampai di Baida, dia menoleh kepada kawan-kawannya seraya berkata, "Sungguh, haji dan umrah itu bersatu. Saya bersaksi kepada kalian bahawasanya saya mewajibkan haji bersama umrah." Lalu dia berangkat. Setelah di Baitullah, dia berthawaf tujuh kali dan mengerjakan sai antara Shafa dan Marwah tujuh kali. Dia tidak menambahkan lebih dari itu. Dia yakin bahawasanya perlaksanaannya itu sah, lalu dia berkurban. (4: 50 - 51 - S.M.)


_________
17 - Yaitu bencana kekacauan ketika Hajjaj Al-Tsaqi berangkat ke Makkah untuk memerangi Abdullah bin Zubair, sebagaimana dalam riwayat lain dalam Shahih Muslim juga