Sunday 3 November 2013

Bab: Orang yang Duduk Lebih Baik daripada Orang yang Berdiri ketika Ada Bencana Kekacauan

( 2004 ) Diriwayatkan dari Abu Bakrah r.a.: Rasulullah SAW. bersabda, "Akan terjadi beberapa bencana. Sekali lagi akan terjadi bencana. Sekali lagi akan terjadi bencana. Ketika itu orang yang duduk lebih baik daripada orang yang berjalan, orang yang berjalan lebih baik daripada orang yang lari. Ingatlah, apabila bencana terjadi, orang yang punya unta tetaplah menggembalakan untanya, orang yang punya kambing tetaplah menggembalakan kambingnya, dan orang yang punya tanah tetaplah menggarap tanahnya." Seorang laki-laki berkata, "Wahai Rasulullah, bagaimanakah orang yang tidak punya unta, kambing, atau tanah?" Beliau menjawab, "Hendaklah dia mengambil pedangnya, kemudaian mata pedangnya dipukulkan pada batu. Setelah itu berlindunglah jika dia bisa berlindung. wahai Allah, bukankah aku telah menyampaikannya? Wahai Allah, bukankah aku telah menyampaikannya? Wahai Allah, bukankah aku telah menyampaikannya?" Lalu ada seorang laki-laki bertanya, "Wahai Rasulullah, bagaimanakah jika aku dipaksa untuk memasuki salah satu barisan itu, atau salah satu dari kedua golongan itu, kemudian aku dipukul oleh seseorang dengan pedangnya, atau aku dipanah dengan anak panahnya sehingga aku terbunuh?" Beliau menjawab, "Orang yang membunuh mu akan mati membawa dosanya dan dosamu, kemudian dia menjadi ahli neraka." (8: 169 - S.M.)