Sunday 9 February 2014

Bab: Orang yang Tidak Mengeluarkan Zakat

( 506 ) Diriwayatkan dari Abu Dzarr r.a.: Saya pernah mendatangi Rasulullah SAW. sewaktu beliau sedang duduk di naungan Kaabah. Ketika beliau melihat saya, beliau bersabda, "Demi Tuhan Kaabah, mereka adalah orang-orang yang paling merugi." Lalu saya mendatangi beliau, dan saya duduk di dekat beliau, namun hati saya tetap gelisah sehingga saya berdiri lagi dan bertanaya, "Wahai Rasulullah, semoga ayah dan ibu saya menjadi tebusan engkau, siapakah mereka itu?" Beliau menjawab, "Mereka adalah orang-orang yang paling banyak hartanya, kecuali orang yang mempergunakan hartanya begini, begini, dan begini di mukanya, belakangnya, kanannya dan kirinya dan mereka itu sedikit sekali yang demikian. Seseorang yang memiliki unta, lembu dan kambing, lalu tidak dizakatinya, maka semuanya itu pada hari kiamat nanti akan datang kepadanya dalam bentuk yang lebih besar dan lebih gemuk dari sebelumnya, lalu menandukinya dengan tanduk-tanduknya dan menginjaknya dengan kuku-kukunya. Begitulah seterusnya bergantian tidak habis-habisnya sampai dia mendapat pengadilan di tengah-tengah orang banyak." (3: 74 - 75 - S.M.)